SEJARAH SEKOLAH

SEJARAH BERDIRINYA SMA NEGERI 1 CEPOGO

Blog Single

Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Cepogo, Berdasarkan instruksi dari Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Jawa Tengah dalam rangka pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Cepogo serta memperhatikan usulan dari masyarakat Kecamatan Cepogo, pada tahun ajaran 1995/1996 didirikan SMU Negeri Unit Gedung Baru. Untuk pelaksanaannya Bapak Akhmad Syukri, S.H. Kepala Kantor Depdikbud Kabupaten Boyolali menunjuk Ibu Sri Widarti, B.A. selaku Kepala SMU Negeri 3 Boyolali untuk mengampu SMU Negeri 1 Cepogo.

Pada saat didirikannya SMU Negeri 1 Cepogo ternyata ada beberapa kendala yang ditemui antara lain:

  1. Belum memiliki Gedung tempat menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar
  2. Belum memiliki tenaga edukatif dan administrasi yang tetap
  3. Belum memiliki calon siswa yang akan ditampung

Untuk mengatasi haltersebut di atas Ibu Sri Widarti, B.A. yang mengampu SMU Negeri 1 Cepogo mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Kantor Depdikbud dan Muspika Kecamatan Cepogo. Berdasarkan hasil konsultasi dan musyawarah akhirnya menetapkan bumi perkemahan Desa Mliwis Kecamatan Cepogo sebagai lokasi pendirian Unit Gedung Baru. Karena Proses Belajar Mengajar untuk Tahun Ajaran 1995/1996 harus terselenggara, pada Bulan Juli 1995 Kepala SMU Negeri 1 Cepogo membentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru yang anggotanya terdiri dari guru-guru SMU Negeri 3 Boyolali. Berdasarkan hasil pendaftaraan dan seleksi SMU Negeri 1 Cepogo menerima siswa sebanyak 115 siswa yang terdiri dalam 3 kelas. Berkenaan dengan masalah tempat penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar diajukan permohonan kepada Kepala SMP Negeri 1 Cepogo untuk meminjam Sebagian local yang akan dipergunakan pada waktu siang hari.

Mulai Caturwulan 1 Bulan Juli 1995 SMU Negeri 1 Cepogo menempati Gedung SMP Negeri 1 Cepogo dan melakukan kegiatan belajar mengajar mulai siang sampai sore hari.

Sedangkan tenaga edukatif dan administrasi berasal dari guru dan karyawan SMU Negeri 3 Boyolali, staf karyawan SMP Negeri 1 Cepogo serta tenaga Wiyata Bhakti.

Share this Post:

Related Posts: